A. PENGERTIAN
E-commerce
adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penjualan barang dan jasa
melalui internet.
B. JENIS-JENIS
E-COMMERCE
- Business-To-Business (B2B). Pada business-to-business, perusahaan menjual untuk bisnis- bisnis lainnya
- Business-To-Consumer (B2C). Pada business-to-consumer, bisnis on-line mencoba untuk menjangkau konsumen individu.
- Consumer-To-Consumer (C2C). Consumer-to-Consumer mengijinkan konsumen untuk menjual satu sama lain dengan bantuan dari pembuat pasar on-line seperti situs lelang eBay Inc. (www.Ebay.Com)
- Peer-To-Peer (P2P) E-Commerce). Peer-to-peer, menghubungkan ke pengguna, membiarkan mereka untuk berbagi file dan sumber daya komputer tanpa server umum.
- M-Commerce. M-Commerce menyediakan akses ke seseorang, setiap waktu, kapan saja dan dimanapun yang menggunakan alat tanpa kabel. Jaringan tanpa kabel (wireless network) menghubungkan para pemakai mobile ke Internet. Sebagai contoh, Amazon.Com telah membuat situsnya yang dapat diakses oleh alat mobile tanpa kabel.
- Nonbusiness E-commerce. Lembaga non bisnis seperti akademis, organisasi, orgasnisasi keagamaan, organisasi sosial dan lembaga pemerintahan yang menggunakan berbagai tipe E-Commerce untuk mengurangi biaya guna meningkatkan operasi dan layanan publik
- Intrabusiness (organiszational) E-commerce. Termasuk kategori ini adalah semua aktivitas intern organisasi, biasanya dijalankan di internet yang melibatkan pertukaran barang, jasa/informasi.
C. MANFAAT
1 - Bagi
konsumen/pelanggan
·
Memungkinkan pelanggan untuk berbelanja
atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hampir
setiap lokasi.
·
Memberikan
lebih banyak pilihan kepada pelanggan; mereka bisa memilih berbagai produk dari
banyak vendor.
·
Menyediakan
produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara
mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
·
Memberi
tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di
electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.
- Bagi perusahaan
· Perusahaan-perusahaan
dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia.
· Memungkinkan
perusahaan untuk memperoleh barang atau layanan dari perusahaan lain secara
cepat dengan biaya yang minimal.
· Mempersingkat
atau mengurangi jalur distribusi pasar. Barang jadi lebih murah dan keuntungan
menjadi lebih tinggi.
· Mengurangi
(sebanyak 90%) biaya pembuatan, proses, penyaluran, penyimpanan, dan
mendapatkan informasi dengan adanya proses digital.
dulu waktu kuliah pernah belajar mengenai ini, trims yaa
BalasHapus